Sabtu, 20 Maret 2010

Review Nokia X3

Review Nokia X3
Desain Apik Fitur Musik Standar
Varian baru Nokia X3 mengandalkan fitur musik sebagai unggulannya. Soal koneksi ke internet, X3 hanya melayani jaringan EDGE.
Tak lelah melakukan inovasi. Itulah yang dilakoni vendor ponsel Finlandia Nokia. Beberapa waktu lalu Nokia merilis seri X sebagai varian baru dengan memunculkan seri X3 dan X6. Pada seri X3 seperti yang diuji SELULAR, Nokia menghadirkannya dengan sentuhan desain sliding yang cukup elegan. Kesan ini tampak setidaknya dari luar dan ketika badan ponsel didorong ke bawah. Kombinasi plat metal dan cover belakang berwarna perak membuat kesan kokoh tampak mencuat.
Tapi, tunggu dulu. Soal fitur, X3 malah boleh dibilang tak sepadan dengan tampilan luar. Nokia membekali X3 dengan fitur kelas menengah bawah seperti UI S40, koneksi internet EDGE, dan kamera 3,2 Mpix minus flash. Memang, yang sedikit membedakan seri ini dengan seri ponsel Nokia lain adalah adanya fitur musik yang terbilang komplet plus kelengkapan akses ke OviStore. Terlebih ada tombol langsung di sisi layar untuk mengakses fitur musik tersebut baik pemutar musik maupun radio FM.
KEYPAD
X3 menggunakan keypad numerik berukuran cukup besar masing-masing berukuran 0,5 x 1 cm. Di antara tombol tersebut terdapat pembatas dengan elevasi di atas papan keypad sehingga memudahkan kita saat memencet tombol. Tombol lain yang tersedia adalah tombol volume dan kamera di sisi kiri badan ponsel. Yang mencolok, X3 memiliki tombol langsung pemutar musik di sisi layar untuk memudahkan pengguna memainkan musik atau menyetel FM radio.

Pengujian : Menggunakan tombol numerik untuk SMS dan tombol musik untuk menyetel radio FM
Nilai : 3,3
Catatan : Tombol berwarna biru di samping layar, terlihat seperti aksen untuk mempermanis tampilan ponsel
MUSIK
Fitur ini adalah unggulan X3. Dengan pemutar musik yang dilengkapi dengan equalizer, stereo widening dan speaker stereo, ponsel ini bisa menjadi pilihan teman di perjalanan. Dari pengujian, bila digunakan memutar lagu menggunakan speaker, suara yang dihasilkan terbilang lumayan. Agar lebih nyaman suara musiknya, sebaiknya gunakan headset stereo ketika mendengarkan lagu pilihan.
Pengujian : Menyetel lagu Sang Pemimpi dari Gigi
Nilai:2,9
Catatan : Tersedia lubang audio headset universal 3,5mm
FM RADIO
X3 muncul dengan fitur FM Radio yang juga bisa diakses dari tombol langsung musik. Karena dibekali antena internal, kita tak perlu mencolokkan headset agar FM Radio bisa diaktifkan. Cukup cari stasiun favorit secara manual atau otomatis maka siaran radio favorit bisa diperdengarkan lewat speaker. Fasilitas RDS (radio digital system) juga hadir di fitur FM Radio X3.
Pengujian : Mencari stasiun lagu dengan fasilitas auto search hingga menampilkan 20 stasiun radio
Nilai : 3,1
Catatan : Tidak ada mode rekaman FM Radio
KAMERA
X3 dibekali kamera 3,2 Mpix yang dapat berfungsi sebagai alat fotografi dan perekam video. Menggunakan sensor CMOS, kamera ini memiliki beberapa fasilitas seperti self-timer, tone color, hingga full screen viewfinder. Digital zoom yang dimiliki kamera ini adalah 4x perbesaran. Hasil jepretan kamera cukup memuaskan ketika diperlihatkan di layar komputer.
Pengujian : Menguji dengan memotret resolusi terbesar di ruangan terbuka pada jam 07.30 pagi
Nilai : 3
Catatan : Perhatikan cahaya cukup ketika akan memotret untuk hasil yang maksimal
INTERNET
Seri ini mengandalkan koneksi internet menggunakan jaringan EDGE. Pada saat dilakukan pengujian, X3 belum dibekali dengan setting wizard sehingga harus dilakukan setting manual. Dukungan Nokia web browser ataupun Opera Mini akan memudahkan kita mengakses halaman situs yang diinginkan. Dukungan ke internet ini juga makin maksimal karena keberadaan link ke OviStore yang memungkinkan kita mengunduh beragam konten gratis.
Pengujian : Menjelajah situs www.selular.co.id. Perlu waktu 20 detik untuk membuka halaman muka situs tersebut
Nilai : 2,8
Catatan : Untuk mengunduh konten di OviStore perlu memiliki akun Ovi terlebih dulu
KONEKTIVITAS
Untuk koneksi dengan perangkat digital lain, X3 menjadi satu-satunya perangkat koneksi nirkabel. Bluetooth yang dipakai X3 adalah versi 2.1 EDR (enhanced data rated) dan memungkinkan kita bisa leluasa memindah file dari dan ke ponsel ini. Dari pengujian, untuk mentransfer file foto dan berkas musik MP3 hanya butuh waktu beberapa detik saja.
Pengujian : Memindah foto ukuran 800 kb dari ponsel ke komputer, butuh waktu 16 detik setelah pairing bluetooth berhasil dilakukan
Nilai : 3
Catatan : Sebaiknya lakukan backup data foto atau file lagu lewat bluetooth meskipun X3 mengadopsi kartu memori eksternal hingga 16 Gb.
GAMES
Meski sudah ada musik, unsur hiburan tak lantas dilupakan. Sejumlah games bawaan ada di menu aplikasi yakni Bounce Tales, CityBloxx, hingga RallyStars. Tampilan games ini cukup lumayan meskipun efek yang dirasakan hanya getaran (vibration). Kalau koleksi games kurang, link ke OviStore memungkinkan kita mengunduh beragam konten games mutakhir secara gratis.
Pengujian : Memainkan games Rally Stars
Nilai : 3
Catatan : Sayangnya tidak ada fasilitas akselerometer yang memungkinkan games lebih terasa sensasional.
Kinerja
Sebagai lini produk baru, Nokia memang membekali X3 dengan tampilan elegan tapi fitur biasa-biasa saja. Tak ada fitur istimewa yang melengkapi X3. Kalaupun ada, hanyalah kehadiran tombol musik langsung. Performa ponsel secara keseluruhan menunjukkan kinerja yang lumayan, dengan memenuhi fitur standar teleponi maupun standar multimedia.
SKOR AKHIR : 3
Kinerja Baterai :
Ponsel ini menggunakan baterai Lithium Ion 860 mAh yang diklaim mampu bertahan hingga 200 jam waktu siaga dan 7,5 jam waktu bicara. Dengan pemakaian normal, sesekali menggunakan untuk memainkan lagu dan mendengarkan radio FM, ponsel ini bertahan hingga tiga hari pemakaian. Waktu charging baterai sekitar 2 jam untuk mencapai kondisi penuh.
Hasil Pengukuran Audio
Music 101,3 dB
Ringtone 103,8 dB
Human Voice 99,8 dB
Sumber : selular.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar